Pameran Adiwastra Nusantara

Jakarta
Siswa/i SMK Siliwangi menghadiri kegiatan pameran Adiwastra Nusantara yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC). Pameran ini bertujuan untuk mengangkat kekayaan wastra (kain) adat tradisional dari seluruh daerah di Indonesia sekaligus memperkenalkannya kepada masyarakat luas. Diantara sekian banyak ragam kain tradisional yang dipamerkan adalah kain batik, ikat, lurik,songket, dan jumputan dengan kualitas pilihan. 
Selain pameran, di acara ini juga ada talk show dan juga demonstrasi langsung pembuatan kain sutra, mulai dari ulat-ulat sutra yang memakan daun-daun arbei, menjadi kepompong, dibuat benang sampai pewarnaan dan menjadi kain. Di pameran ini juga ada yang mempraktekkan bagaimana menenun selembar kain dan juga membatik tulis dengan malam.

Pada kesempatan kali ini, siswa/i SMK Siliwangi Jakarta ikut serta dalam kegiatan Talk Show dan juga mempraktekkan secara langsung proses menenun kain sutra. Pada akhir acara siswa/i dibekali oleh-oleh berupa beberapa ekor ulat sutra beserta daun murbei sebagai makanan utama ulat sutra tersebut. Diharapkan para siswa agar dapat menumbuhkan kecintaan terhadap prouk tanah air yang sangat luar biasa ini

Tidak ada komentar :

Posting Komentar